Blogger Widgets Gena Riyanti Fitri : Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran dan Permintaan Kurs

Kamis, 11 Juni 2015

Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran dan Permintaan Kurs



Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran dan Permintaan Kurs

Permintaan dan penawaran yang terjadi pada kurs atau valuta asing  dapat menentukan bagaimana suatu kurs itu ditetapkan nilainya. Perubahan penawaran dan permintaan kurs mempengaruhi grafik dimana titik keseimbangan kurs. Penawaran dan permintaan juga mempengaruhi suatu harga barang di pasaran. Penawaran dan permintaan juga dapat menghitung kurs dengan pendekatan-pendekatan penawaran dan permintaan,  dengan pendekatan itulah maka kurs di tentukan oleh mekanisme permintaan dan penawaran.
Kurs terbentuk karena para pelaku pasar, pada akhirnya para pelaku pasar dapat mengeser atau mempertahankan  titik keseimbangan  kurva penawaran dan permintaan suatu kurs. Perubahan kekuatan permintaan dan penawaran terhadap mata uang dapat menyebabkan perubahan kurs mata uang tersebut. Apabila permintaan  suatu barang yang nilainya di ukur dengan Euro lebih tinggi dari penawaranya maka nilai Euro akan naik, begitupun sebaliknya. Kurs itu sendiri terbentuk ketika dimana kondisi kurs yang diminta sama dengan kondisi kurs yang ditawarkan biasanya di sebut dengan kondisi kesetimbangan kurs.
Faktor yang mempengaruhi  Permintaan kurs adalah sebagai berikut
1.       Tingkat pendapatan masnyarakat, semakin tinggi pendapatan maka semakin tinggi konsumsi  terhadap suatu barang dan jasa.
2.       Jumlah penduduk, makin banyak jumlah penduduk yang ada pada suatu negara maka semakin tinggi pula permintaan terhadap barang dan jasa yang di butuhkan.
3.       Tingkat selera  masyarakat, masyarakat mempunyai selera yang berbeda beda semakin tinggi selera masyarakat semakin komsumtif juga masyarakat akan barang dan jasa.
4.       Terdapat investasi perusahaan dan individu Indonesia keluar negeri
Faktor yang Mempengaruhi Penawaran kurs adalah sebagai berikut :
1.       Kegiatan Ekspor.
2.       Masuknya modal dari luar negri berupa pinjaman dan hibah
3.       Terdapat Investasi dari luar negri untuk perusahaan-perusahaan.

Dibawah ini adalah Kurva permintaan Valuta asing mekanisme mata uang asing antara Euro dan Amerika Serikat (AS)



Dibawah ini adalah Kurva penawaran Valuta asing mekanisme mata uang asing antara Euro dan Amerika Serikat (AS)


Refrensi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar