Blogger Widgets Gena Riyanti Fitri : Masyarakat Ekonomi ASEAN

Selasa, 14 Juli 2015

Masyarakat Ekonomi ASEAN



Masyarakat Ekonomi Asean
Mea atau Masyarakat Ekonomi Asean ini merupakan sebuah Perubahan Baru yang ada pada di dunia kerja, persaingan bursa tenaga  kerja akan semakin meningkat menjelang pemberlakuan pasar babas Asean pada akhir 2015 Mendatang, hal ini tentunya akan mempengaruhi semua banyak pekerjaan terutama yang berkenaan dengan sektor keahlian khusus.

Sebelum kita mengkaji lebih jauh tentang MEA(masyarakat Ekonomi Asean) kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu Mea , Mea ini di bentuk untuk daya saing Asean meningkst serta bisa menyaingi Cina dan india untuk menarik Investasi Asing, Penanaman modal asing di wilayah ini sangat di butuhkan untuk meningkatkan lapangan pekerjaan dan meningkatkn kesejsahteraan.
Pementukan pasar tunggal yang di istilahkan dengan Masyarakat Ekonomi Asean ini nantinya akan memungkinkan suatu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara Sehingga komprtisi akan semakin ketat.

Masyarakat Ekonomi Asean ini juga tidak hanya membuka arus perdagangan barang dan saja, tetapi juga tenaga kerja profesional, seperti dokter, pengacara, akuntan dan lain-lain.

Tujuan di bentuknya “Komunitas Ekonomi ASEAN” tidak lain untuk meningkatkan stabilitas Perekonomian di kawasan ASEAN . membentuk kawasan ekonomi antar negara ASEAN yang kuat, Indonesia Mempunyai 2 Pilihan dalam drama ini, menjadi aktor utama atau malah menjadi penonton di negeri sendiri?, dengan kata lain MEA 2015 bisa mendatangkan keuntungan yang besar bagi indonesia . Namun juga dapat menimbulkan kerugian yang besar pula.

Keuntungan yang di dapatkan indonesia adalah para UMKM(Usaha Mikro Kecil dan Menengah) akan lebih mudah menjual barang-barang produksinya kenegara-negara ASEAN. Selain daya saing yang ketat juga akan mewarnai MEA 2015. 

Pemerintah yang akan memegang kunci kesuksesan MEA 2015 ini untuk indonesia. Dengan dilantiknya presiden baru untuk 5 tahun kedepan kesuksesan MEA harus dapat dibuktikan. Kita bisa melihat apakah janji manis yang di berikan dapat di buktikan atau tidak, dan apakah hanya di bibir saja atau di realisaskan secara nyata? Kita tunggu hasilnya saja di akhit tahun 2015 ini.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar